Rekomendasi Pembuatan Kitchen Set – Dalam membuat kitchen set ada beberapa jenis bahan yang bisa digunakan. Setiap bahannya akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Oleh karenanya pemilihan bahan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari dapur Anda. Dengan begitu nantinya kitchen set yang digunakan bisa tetap aman dan juga tahan lama. Berikut adalah beberapa jenis pilihan bahan untuk kitchen set yang bisa digunakan.

Rekomendasi Pembuatan Kitchen Set

Jenis Bahan untuk Rekomendasi Pembuatan Kitchen Set

  • MDF

Jenis bahan yang pertama adalah MDF atau medium density fiberboard. Jenis bahan ini adalah terbuat dari serbuk kayu yang diolah dengan Teknik tertentu dan dipress. Selain digunakan untuk pembuatan kitchen set, bahan ini juga banyak digunakan untuk pembuatan furniture lainnya.

  • Kelebihan: bahan ini memiliki kelebihan dimana dari segi harga maka termasuk yang lebih murah. Selain itu permukaannya juga halus. Tingkat ketebalannya cukup bagus dan lebih mudah untuk dibentuk atau fleksible.
  • Kekurangan: namun kekurangannya adalah bahan ini tidak terlalu tahan terhadap air. Jika ingin menggunakan kitchen set untuk dapur basah, maka disarankan tidak menggunakan jenis bahan ini. Akan tetapi jenis dapur kering akan cocok menggunakan bahan MDF ini.
  • Blockboard

Bahan yang satu ini hampir sama dengan bahan multipleks, namun lapisan untuk blockboard menggunakan potongan-potongan kayu yang tersusun dengan horizontal. Sedangkan untuk bahan multipleks akan disusun dengan cara vertikal. Jenis kayu yang banyak digunakan untuk proses pembuatan bahan ini adalah kayu sengon. Kayu ini termasuk jenis kayu yang tahan air dan juga kokoh.

  • Kelebihan: bahan blockboard ini termasuk bahan yang cukup tahan air, jadi juga akan aman jika digunakan sebagai bahan pembuatan kitchen set. Harganya juga cukup terjangkau dibandingkan dengan harga dari bahan multipleks. Sehingga bahan ini bisa dijadikan pilihan bahan untuk Anda yang ingin mendapatkan kitchen set dengan harga yang terjangkau.
  • Kekurangan: jika dilihat dari segi keawetan, bahan ini termasuk bahan yang kurang awet dibandingkan bahan multipleks.

  • Multipleks

Multipleks atau plywood adalah bahan yang banyak digunakan karena memiliki cukup banyak kelebihan. Bahan ini terbuat dari kulit kayu yang dipress menggunakan tekanan tinggi. Untuk jenis kayu yang digunakan biasanya adalah kayu meranti.

Kelebihan: bahan plywood ini memiliki tekstur lapisan kayu yang cukup rapat. Hal ini membuat bahan ini lebih kokoh dan juga memiliki daya tahan pada air cukup baik. Oleh karenanya, bahan ini juga banyak digunakan untuk membuat kitchen set dapur basah. Untuk bagian luar permukaannya akan lebih kuat dibandingkan dengan bagian tengah. Tujuannya memang agar bahan ini tidak mudah ditekuk atau terjadi pemuaian.

Bahan ini jika dirawat dengan baik maka bisa digunakan untuk kitchen set dan bertahan hingga 10 tahun. Hal itu juga yang membuat banyak tempat rekomendasi pembuatan kitchen set online yang menggunakan bahan plywood ini.

Kekurangan: struktur dari bahan ini cukup kokoh, hal ini juga membuat bahan ini memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Akan tetapi karena harganya yang mahal tersebut maka kualitasnya juga cukup bagus.

Kesalahan Saat Pilih Kitchen Set

Menggunakan kitchen set memang menjadi impian semua orang. Akan tetapi terkadang ada yang terlalu tergiur dengan harganya atau desainnya yang menarik. Akibatnya setelah digunakan tampilan dapur kurang terasa nyaman. Oleh karenanya Anda bisa memperhatikan beberapa kesalahan berikut ini saat memilih kitchen set.

  • Menggunakan kabinet terbuka

Kitchen set dengan tampilan kabinet yang terbuka terkadang bisa memberikan kesan yang baru dan tidak monoton pada dapur. Akan tetapi jika jumlah kabinet terbuka terlalu banyak maka juga kurang nyaman dilihat.

Penggunaan kabinet yang tertutup akan membantu untuk memberikan dapur kesan yang rapi walaupun mungkin peralatan di dalamnya tidak disimpan dengan rapi. Menggunakan kabinet yang terbuka juga bisa memberikan kesan dapur yang terlalu berantakan dan sesak karena banyaknya barang yang terlihat.

  • Tidak menggunakan pencahayaan yang memadai

Kesalahan selanjutnya yang terkadang banyak dilakukan adalah dapur yang tidak memiliki sistem pencahayaan dengan baik. Menggunakan pencahayaan utama dari ceiling ruangan bukan hal yang bagus.

Terkadang ada beberapa bagian di dapur yang butuh mendapatkan pencahayaan dengan baik. Jika kitchen set ada rak dinding, maka gunakan tambahan pencahayaan pada bagian bawahnya.

Hal tersebut bertujuan agar tempat kerja pada bagian bawah tidak terhalang karena menggunakan rak dinding atau rak gantung. Selain membantu memaksimalkan aktivitasnya, sistem pencahayaan yang baik juga akan membantu tampilan kitchen set Anda yang lebih cantik. Anda bisa mencoba untuk memesannya pada rekomendasi pembuatan kitchen set murah.

  • Kurangnya area memasak

Pada kitchen set terdapat area utama yang bernama counter top. Area ini merupakan tempat utama dimana Anda akan melakukan semua kegiatan yang berhubungan dengan memasak. Namun akan menjadi masalah jika ternyata Anda memesan kitchen set yang area memasaknya justru kurang. Untuk itu bisa Anda coba menambahkan island pada bagian dapur yang masih kosong. Area tersebut bisa digunakan untuk tambahan ruang pada saat memasak.

  • Tempat penyimpanan yang kurang memadai

Sudah menjadi hal yang biasa, jika dapur adalah tempat yang memiliki banyak tempat penyimpanan berbagai macam alat masak. Kitchen set adalah salah satu media penyimpanan yang utama pada dapur. Jadi ketika Anda membeli atau memesan kitchen set, akan lebih baik tentukan seberapa banyak kabinet atau tempat penyimpanan yang dibutuhkan.

Selain jumlahnya yang memadai, pastikan juga untuk menggunakan kabinet dengan ukuran yang tepat juga. Hal ini penting ketika Anda memiliki peralatan masak dengan ukuran yang cukup besar. Jadi semua kabinet akan bisa menyimpan peralatan masak Anda.

  • Layout yang kurang efektif

Rekomendasi pembuatan kitchen set terbaik biasanya akan memiliki tempat untuk memasak, mencuci piring dan counter top. Selain itu pada kitchen set juga akan ada beberapa kabinet yang berguna menyimpan peralatan masak dan bumbu masak. Namun  posisi layout yang kurang tepat juga akan mengganggu Anda ketika memasak.

Oleh karenanya akan lebih baik jika menggunakan kitchen set yang memiliki prinsip triange pada layoutnya. Hal ini berguna untuk memudahkan Anda memasak dengan proses yang berurutan. Kitchen set yang sudah menggunakan prinsip ini akan memungkinkan Anda untuk memasak tanpa harus mondar-mandir.

  • Terlalu memperhatikan desain

Memiliki kitchen set yang menarik memang tidak ada salahnya. Akan tetapi bisa menjadi kesalahan jika Anda terlalu terpaku memilih kitchen set berdasarkan desainnya. Hal ini karena bisa saja Anda kurang memperhatikan sisi kebutuhan dan kegunaan dari kitchen set tersebut.

Untuk itu ketika pesan pada rekomendasi pembuatan kitchen set lebih baik konsultasikan dengan baik mulai dari bahan dan juga segi fungsinya. Anda bisa konsultasi dengan Radja Kitchen Set untuk hal ini di 0813 1555 5923 atau email ke hello@rajagorden.com.

5/5 - (3 votes)

Write a Comment

×