Jasa Pembuatan Kitchen Set Tangerang Selatan – Salah satu jenis bahan yang banyak digunakan untuk membuat kitchen set adalah bahan kayu. Bahan ini dirasa lebih kokoh dan juga lebih kuat sehingga banyak dipilih. Jenis kayu yang digunakan untuk pembuatan kitchen set sendiri juga ada banyak. Berikut adalah beberapa jenis kayu yang umumnya digunakan.

Jasa Pembuatan Kitchen Set Tangerang Selatan

Jenis Kayu Pada Jasa Pembuatan Kitchen Set Tangerang Selatan

  • Kayu sonokeling

Jenis kayu pertama yang banyak digunakan adalah jenis kayu sonokeling. Kayu ini termasuk memiliki harga yang cukup mahal. Bahkan bisa lebih mahal dibandingkan dengan kayu jati. Jenis kayu ini termasuk mahal karena kebanyakan akan digunakan untuk kebutuhan furniture export. Kayu ini memang memiliki kayu dengan serat yang cukup bagus sehingga banyak disukai pasar Amerika dan Eropa.

  • Kayu mahoni

Jenis kayu selanjutnya yang banyak digunakan adalah jenis kayu mahoni. Kayu ini selain banyak digunakan untuk kitchen set, juga digunakan untuk kebutuhan pembuatan furniture yang lainnya. Seperti kursi, meja, lemari, kabinet, dipan dan lainnya. Jenis kayu ini menjadi alternatif untuk mengganti kayu jati yang sekarang harganya juga sudah semakin mahal.

  • Kayu pinus

Kayu pinus ini termasuk jenis kayu yang akan banyak Anda temukan dengan mudah. Hal ini juga yang membuat jasa pembuatan kitchen set Tangerang selatan online menggunakannya. Kelebihan dari jenis kayu ini adalah memiliki serat yang bagus dan natural. Kebanyakan orang mungkin juga akan menamakannya dengan kayu jati belanda.

  • Kayu plywood

Kayu plywood sendiri bukan jenis kayu murni dimana bahan ini merupakan hasil olahan dari kayu yang disusun kemudian di pres dengan tingkat tinggi. Namun bahan ini tetap banyak digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kitchen set.

Bahan kitchen set ini termasuk bahan yang cukup murah jika dibandingkan dengan bahan solid wood. Walaupun begitu tetap disarankan jika Anda menggunakan bahan ini dan dilapisi dengan HPL agar lebih awet.

Bahan plywood ini sendiri memiliki cukup banyak nama. Ada yang menamakannya dengan kayu lapis dan ada juga yang menyebutnya dengan multipleks. Bahan ini memang banyak digunakan. Jangan lupa juga untuk menggunakan jenis pelapis HPL agar kitchen set Anda bisa tetap awet dan tahan lama.

  • Kayu jati

Siapa yang tidak mengenal jenis kayu ini? Kayu jati termasuk dalam jenis kayu yang memang banyak digunakan sebagai material furniture. Salah satunya juga untuk proses pembuatan kitchen set. Bahan ini memang memiliki harga yang cukup mahal. Akan tetapi tidak perlu diragukan masalah ketahanannya.

Jenis Bahan untuk Membuat Kitchen Set Murah

Membuat kitchen set atau membelinya memang butuh biaya yang cukup banyak. Sedangkan tidak semua orang memiliki biaya tersebut. Oleh karena itu Anda perlu tau mengenai jenis bahan berikut ini.

Beberapa jenis bahan berikut adalah bahan yang biasanya digunakan untuk kitchen set terjangkau. Anda juga bisa menggunakan bahan ini pada jasa pembuatan kitchen set Tangerang selatan murah:

  • Lapisan Duco

Pertama adalah jenis lapisan yang digunakan. Lapisan bernama cat Duco ini hampir sama dengan melamin. Hanya saja lapisan ini memiliki kualitas yang cukup tinggi. Untuk proses penggunaannya, cat ini akan disemprotkan pada kitchen set dengan bahan kayu. Namun sebelumnya, bahan kitchen set tersebut sudah diampelas terlebih dulu.

Cat tersebut kemudian akan disemprotkan dengan merata dan dijemur hingga kering. Waktu yang dibutuhkan untuk proses penjemurannya bisa sampai 2 hari. Selama dijemur juga akan disemprotkan kembali agar bisa mendapatkan hasil lapisan yang lebih maksimal.

  • Lapisan melamin

Jenis lapisan yang lainnya dan bisa digunakan adalah lapisan melamin. Jenis lapisan ini memang banyak digunakan untuk finishing kitchen set. Lapisannya berbentuk cairan sehingga perlu disemprotkan untuk pengaplikasiannya. Sedangkan untuk bahan dasar yang digunakan untuk lapisan ini adalah resin. Kayu kitchen set yang akan diberi lapisan ini terlebih dulu harus diampelas agar permukaannya bisa halus.

Lapisan ini juga banyak digunakan untuk membantu mengurangi warna kitchen set yang kurang rata. Setelah disemprot dengan lapisan ini, maka kitchen set harus dijemur agar hasilnya maksimal. Akan tetapi sekarang sudah mulai jarang yang menggunakan jenis lapisan ini. Hal ini karena lapisan ini kurang bagus jika dihirup dan memiliki bau menyengat.

  • HPL

Lapisan HPL atau High Pressure Laminate juga termasuk jenis lapisan yang banyak digunakan untuk kitchen set. Lapisan ini digunakan karena bisa memberikan hasil yang cukup bagus. Jenis bahan dasar utama yang digunakan untuk lapisan ini biasanya adalah kayu dan plastik yang dicampur. Proses untuk pencampuran bahan tersebut akan menggunakan mesin pressing.

Bentuk dari finishing HPL ini berbeda dengan yang lainnya dimana dalam bentuk lembaran. Sehingga untuk proses penggunaannya juga harus menggunakan lem kayu. Ketika tingkat ketebalan HPL-nya semakin tinggi, maka juga membantu kitchen set Anda agar lebih awet dan bagus. Anda bisa meminta menggunakan jenis finishing ini pada jasa pembuatan kitchen set Tangerang selatan terbaik.

 

  • Kayu blockteak dan blockboard

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan untuk pembuatan kitchen set adalah bahan blockteak dan blockboard. Akan tetapi jenis bahan ini kebanyakan hanya cocok untuk dapur kitchen set kering.

Hal ini juga karena jenis bahannya memiliki kekurangan dimana memiliki pori-pori yang cukup besar. Sehingga akan menyerap air cukup banyak dan tidak cocok untuk jenis dapur basah. Akibatnya kayu juga lebih mudah mengalami lapuk.

Biasanya jenis bahan ini akan digunakan untuk kebutuhan pembuatan kabinet yang menyimpan bumbu. Hal ini juga karena isi kabinet adalah barang-barang yang kering. Sehingga kayu ini juga akan lebih tahan lama. Kayu ini juga lebih disarankan untuk material pembuatan penampang luas. Salah satu contohnya adalah untuk pintu kabinet yang cukup luas.

  • Bahan kayu atau plywood

Jenis bahan terakhir yang banyak digunakan adalah bahan multipleks atau plywood. Jenis bahan ini terbuat dari kayu yang disusun secara vertikal dan dipres dengan tekanan tinggi. Hal ini membuat bahan ini memiliki kelebihan berupa kuat dan juga kokoh.

Selain itu bahan ini juga tidak mudah menyerap air karena pori-porinya yang cukup kecil dan rapat. Kelebihan lainnya adalah bahan ini tidak mudah terkena rayap.

Sehingga kitchen set Anda juga bisa lebih tahan lama dan awet. Jenis bahan ini bisa Anda jadikan pilihan jika ingin membuat atau memesan kitchen set. Biasanya memang jasa pembuatan kitchen set Tangerang selatan akan banyak menggunakan jenis bahan ini.

Bahan yang awet tersebut akan memungkinkan Anda agar bisa lebih menghemat pengeluaran. Hal ini karena Anda tidak butuh biaya tambahan untuk melakukan pergantian. Untuk lebih jelasnya mengenai bahan yang diinginkan dalam pembuatan kitchen set dapat menghubungi Radja Kitchen Set di 0813 1555 5923 atau email ke hello@rajagorden.com.

5/5 - (4 votes)

Write a Comment

×